15 Maret 2010

Mencari Ide Posting

Ketika blogwalking, saya sering menemukan blogger yang bingung apa yang diposting. Tidak tahu apa yang harus ditulis. kamu pernah mengalaminya, atau bahkan sering? Saya juga sering mengalaminya.

Tapi saya yakin, sebenarnya ide poating itu tidak terbatas. Yang membatasinya hanyalah pikiran kita saja. Kalau kamu berpikir bahwa sedang tidak punya ide, maka ide itu tidak akan / sulit datang. Kepada para blogger yang sedang tidak punya ide, biasanya saya menyarankan di kolom komentar untuk mencari ide berdasarkan pengalaman sehari-hari. Setiap hari kita pasti melakukan sesuatu, dan salah satunya pasti bisa dijadikan bahan untuk menulis di blog. Misalnya:

* Di jalan Anda melihat papan reklame dengan slogan yang tidak biasa, bisa kamu bahas.
* Jalan-jalan ke mall dan ketemu artis sinetron, bisa kamu tulis seperti apa artis itu di luar layar kaca.
* Seharian nonton tv di rumah atau pergi nonton film ke bioskop, bisa menulis tentang film yang ditonton.
* Seharian online di rumah, bisa menulis tentang website baru yang dikunjungi.
* Di kantor ada kejadian atau pembicaraan dengan teman kantor yang menarik, bisa ditulis di blog.
* Teman Anda beli handphone baru, dan Anda coba-coba, bisa Anda tulis tentang handphone itu.
* Pergi saja ke perpustakaan, baca-baca buku atau ke toko buku lihat-lihat majalah
* dan masih banyak yang lainnya


Ide-ide dari kehidupan sehari-hari itu agak sulit diterapkan pada blog dengan spesifikasi tersendiri, seperti blog tentang kesehatan atau blog SEO. Tapi untuk blog-blog personal, umum atau gado-gado seperti blog ini, ide-ide itu bisa diterapkan. Seperti blog ini :)

Saran tambahan, bawa catatan ke mana pun kamu pergi (bolpen + kertas). Ide bisa datang kapan saja di mana saja. Kalau tidak dicatat kita sering lupa. Saya dulu sering berpikir keras untuk menemukan ide yang hilang, sempat kepikiran sebuah ide untuk diposting, tapi kemudian lupa. Karena itu sekarang saya selalu mencatat begitu menemukan ide. Kalau repot bawa catatan, bisa dicatat di handphone. Begitu deh cara agar kita bisa selalu Posting dan selalu dapat ide segar...

0 komentar:

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.