21 September 2007

Mendapat Gaji dari Google dari Blog Kita

Beasiswa di era IT ini ternyata tidak harus datang dari ICCR (Indian Council for Cultural Relation) India, Ford Foundation AS, STUNED Belanda, ADS Australia, Monbukagakusho Jepang, AMINEF Amerika, Chevening Inggris, dll. Ia bisa juga datang dari Google. Lho, lha kok bisa? Apa iya? Tenane? Gimana toh caranya? Begini lho:

Setelah Anda memiliki blog di blogger.com atau blogspot.com, dan sudah ada isinya, ikuti langkah sbb:

(1) Daftar di GOOgle atau bisa ke Akta4 lalu klik google adsense. Ikuti petunjuknya;
(2) Anda kemudian akan mendapat email konfirmasi dari google adsense, klik link di email tsb;
(3) Dalam waktu tiga hari Anda akan mendapat persetujuan (approval) dari google adsense. Silahkan login ke http://google.com/adsense dg email dan password ketika mendaftar.

(4) Ambil kode iklan yg bentuknya sesuai dg selera Anda; masukkan ke dalam template blog Anda. (Cara memasukkan kode iklan ke template, silahkan berkonsultasi dg Khairurrazi bagi yg berada di kawasan Delhi dan sekitarnya. Blog Razi atau Qisai. Bagi yg di Medan, silahkan hubungi Yaser Amri atau Purwarno Hadinata

(5) Bahasa: bahasa blog/website yg diterima untuk kerja sama dg google adsense adalah Inggris (dan bahasa-bahasa negara Eropa lain)plus Cina, Jepang dan Korea. Artinya, bahasa Indonesia belum diterima sebagai rekanan kerja sama dg google adsense. Setidaknya untuk sementara ini.

Sistem Kerja Google Adsense

Sistem kerja iklan google adsense dikenal dg istilah PPC atau Pay Per-Click. Setiap pengunjung yg datang ke blog Anda dan kemudian meng-klik iklan google yg ada di situ, maka Anda sebagai pemilik blog (publisher)akan mendapat jatah bagian dari google. Besarnya bervariasi, tergantung iklannya.

Jadi, ada tiga komponen dalam google adsense (a) Advertiser atau pemasang iklan; (b) Company yaitu Google Inc.; (3) Publisher yakni pemilik blog/website yg ditumpangi iklan google.

Setiap ada iklan yg diklkik oleh pengunjung (bukan oleh Anda), maka Advertiser membayar kepada Google Inc. Bayaran tsb. oleh Google Inc. sebagiannya dibagikan kepada kita sebagai publisher. Semuanya terkalkulasi secara otomatis dg teknologi IT google yg super canggih.

Jadi, kita sebagai publisher tidak boleh main curang dg mengklik sendiri iklan-iklan diblog kita, karena pasti akan ketahuan. Dan apabila ketahuan, maka akan diberi peringatan satu kali, dan dipecat apabila melakukan lagi, alias masih belum taubat nasuha. Google tampaknya juga sedang mengajarkan kita langkah-langkah "mengurangi" korupsi... Sekedar diketahui, sudah banyak para "koruptor" Google yg
dipecat dari rekanan.

Berapa sih Dapatnya?

Tergantung dari ramai tidaknya pengunjung blog kita. Semakin ramai tamu blog, semakin tinggi kemungkinan ada yg 'iseng' klik iklan google Anda, dan dg demikian semakin banyak hasil Anda perhari dan perbulannya. Sekedar info, salah seorang rekan kita di India sudah ada yg secara teratur mendapat antara $50 sampai $1000 perbulan. Cukuplah sebagai tambahan penghasilan. Dan yg lebih penting, jumlah itu akan terus meningkat seiring dg peningkatan jumlah pengunjung blog yg datang. Selain itu, pendapatan itu tidak kita dapat dg susah payah. Ia seakan hanya "menemani" kita yang sedang menyalurkan hasrat berkontemplasi dalam bentuk tulisan, curahan hati (curhat), menulis puisi, cerpen dan bercanda.

Sistem Pengiriman Uang

Pengiriman akan dilakukan setiap kali pendapatan Anda mencapai $100 di setiap akhir bulan yg akan dikirim melalui cek citibank yg akan dialamatkan ke rumah kita (sesuai alamat yg anda berikan ke google waktu mengisi formulir). Rekan yg saya sebut di atas sudah menerima beberapa kali cek dari google. Info terakhir ini perlu saya tekankan untuk meyakinkan Anda bahwa "beasiswa" iklan google ini betul-betul nyata dan terbukti, bukan main-main.

Contoh Big Earner, a case studies

Blog siapa yg tercatat mendapat pendapatan besar? Menurut Google yg membeberkan pendapatan salah satu publisher yg mendapat penghasilan besar adalah weblogsinc.com yg dalam setiap harinya meraup $600 (enam ratus dolar perhari). Ingat, setiap hari dan kalikan dg 30 hari. Berapa penghasilannya dalam sebulan?. Silahkan dibuka dan dibaca link tsb. untuk menambah "wawasan" googelisasi Anda.

Ada satu hal yg saya pelajari dari bisnis model baru ini: bahwa mencari uang halal itu mudah. Beda sekali dg pameo "orang dulu": Cari uang haram saja susah, apalagi yg halal. Nampaknya, slogan tsb. sudah tidak relevan lagi di era IT ini

5 komentar:

Gandhi Anwar mengatakan...

hm, nice.. kerenlah!
tp sy udh di banded 2x ama om google. skrng lg ngrayu lg. tp blm di apv jg.. :(

http://just2live.blogspot.com
http://agandh.blogspot.com

caricari mengatakan...

andre:kalo...bukan kartu citybank ga...

caricari mengatakan...

bingung...cari-cari kemana2 malah tambah bingung...

caricari mengatakan...

ternyata susah juga toh...

OECIL CELL mengatakan...

.blogsot kok gag diterima??