21 September 2007

MENULIS BLOG

Menulis di blog itu sama dengan menulis di email; Anda menjadi penulis sekaligus editor atau redakturnya/pengecek. Anda yg menentukan topik, gaya tulisan dan sudut pandang / ide apa yg hendak disoroti dalam suatu topik.

Jadi menulis di blog atau nge-blog itu mudah. Dalam arti tidak perlu merasa tegang dan stres karena takut tulisan tidak dimuat seperti halnya kalau kita menulis untuk mendia massa. Tulis langsung dimuat. Sekali tulis dan klik "publish" langsung tulisan kita nongol di blog dan di berbagai mesin pencari (search engine) utama baik yg khusus blog seperti Technorati maupun umum seperti Google, Yahoo dan MSN.

Namun begitu, begitu tulisan kita dimuat di blog, ada "tim redaktur" yg akan menilai tulisan kita: para pembaca blog. Apabila tulisan kita baik, bahasanya enak, kandungan atau isi tulisan (blog content) mengandung ide baru, mereka akan datang dan datang lagi ke blog kita. Sebaliknya, kalau tulisan kita kurang menarik atau mengandung ide yg basi (basbang), pembaca yg datang akan ragu untuk kembali berkunjung. Dan kalau bisa isi harus tetap fokus pada ide pertama membuat .... jadi jangan dicampur - campur

Untuk menghindari hal tsb terjadi, berikut beberapa tip dasar menulis di blog, terutama bagi mereka yg nge-blog dengan tujuan menjadi blogger besar yg jadi rujukan dan menjadikan media blog sebagai semangat menjadi penulis besar di masa depan. Bagi mereka yg aktifitas nge-blog-nya hanya iseng, silahkan menulis apa saja yg Anda nikmati untuk dituangkan di blog.

1. Jangan pernah menyontek tulisan orang.

Menyontek adalah menyalin tulisan seorang penulis yg dimuat di sebuah media atau di sebuah blog tanpa menyertakan nama penulis dan/atau alamat link sumber tulisan. Dalam kasus yg lebih parah bahkan mengklaim tulisan itu sebagai tulisan sendiri.

Sikap seperti ini tidak hanya merugikan sang penulis asli, tapi juga merugikan diri Anda sendiri dalam jangka panjang. Kemampuan menulis Anda tidak akan pernah berkembang dan begitu orang tahu itu hasil contekan, pembaca akan kabur dari blog Anda. Ingat, bahkan orang "jahat"-pun tidak ingin berteman dg yg sesama "jahat"-nya.

2. Tulis topik yg Anda suka

Menulis dg topik mengikuti selera pasar itu baik, tapi menulis di blog dg topik tulisan yg Anda senangi dan kuasai itu jauh lebih baik lagi. Selain akan awet (sustainable), tulisan yg sesuai dg bidang yg kita kuasai itu akan membuat tulisan kita berisi dan bermutu. Tulisan yg bermutu mungkin saja tidak akan cepat dikenal, tapi pembaca yg sama akan selalu datang dan datang lagi setiap mereka membutuhkan sumber tulisan yg sesuai dg bidang kita.

Memang ada penulis yg dapat menulis dalam berbagai bidang/topik tulisan dg sama baik dan bermutunya. Apabila Anda termasuk golongan ini, Anda patut bersyukur. Tapi kalau Anda hanya dapat menguasai dan menikmati satu bidang, fokuslah di bidang itu dan bersabarlah apabila belum banyak pembaca yg mengapresiasi tulisan Anda. Dan hal terpenting: tetaplah dan teruslah menulis.

Kalau Anda juga ingin punya blog "iseng" khusus untuk curhat, sebaiknya buat blog lain; tidak dicampur dg blog yg terfokus.

3. Mengutip tulisan di blog lain dg Live Link

Mengutip tulisan dari blog lain itu dianjurkan asal menyebut sumber dan memberi link ke tulisan yg dikutip. Ini juga salah satu cara kita berkenalan atau "silaturrahmi" dg blogger lain. Kalangan blogger, baik yg baru maupun yg sudah terkenal, bukan hanya suka tapi juga menikmati (merasa diapresiasi) apabila tulisannya dikutip oleh blogger lain.

Bagi blogger pemula, jangan lupa setiap mengutip tulisan blogger lain untuk mencantumkan link artikel yg dikutip dalam bentuk link hidup.Dg live link, seorang blogger yg tulisannya dikutip akan tahu, melalui info dari Technorati, bahwa tulisannya dikutip oleh blogger lain dan akan mendorong dia untuk datang ke blog Anda.

0 komentar: